Tadabur Alam MA YAPPI Gubukrubuh

Gunungkidul, Maarifdiy.or.id–Menjelajah alam sekitar adalah bagian dari Ma’rifatullāh seorang muslim kepada Allah SWT, hal ini bernilai ibadah. MA YAPPI Gubukrubuh sebagai salah satu dari sekian banyak sekolah swasta di Gunungkidul mencoba untuk menanamkan ma’rifatullah kepada siswa dan siswi kelas X dan XI melalui kegiatan “Out Bond dan penutupan kegiatan Pramuka”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16/5 ,sehari sebelum Ramadhan di Kawasan Wisata Pinus Pengger, Dlingo, Bantul.

Kegiatan ini sengaja dilakukan berdekatan dengan puasa Ramadhan 1439 H, agar siswa dan siswi MA YAPPI Gubukrubuh lebih memaknai kebesaran Allah SWT, melalui ciptaannya berupa keindahan alam hutan pinus yang mampu mengalihkan perhatian kita dari yang hanya sibuk dengan gadget-nya menjadi berinteraksi dengan orang lain di bawah rindangnya pepohonan. Nuansa kebersamaan begitu terasa melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan kerjasama antar sesama teman dalam kelompok maupun acara yang melibatkan seluruh peserta. Pada kegiatan ini.

Dewan Ambalan maupun peserta yang memenuhi kriteria  mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan kegiatan Ekstra Kurikuler kepramukaan. Syarat mendapatkan sertifikat tersebut adalah mengikuti kegiatan pramuka dengan tertib serta telah menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum). Kegiatan ini berjalan dengan kerjasama yang baik antara Dewan Guru beserta Dewan Ambalan MA YAPPI Gubukrubuh.

“Seorang pramuka harus mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya dengan baik,”demikian yang disampaikan oleh Drs.Maryanta, selaku WaKa,.Kurikulum MA YAPPI Gubukrubuh. Beliau juga berharap agar ke depannya Kegiatan Ekstra kurikuler Kepramukaan di MA YAPPI Gubukrubuh dapat lebih maju lagi serta mampu membawa manfaat untuk banyak orang. (ns)