Akreditas A dan Akademik Meningkat SMP Ma’arif imogiri Harap Animo Masyarakat Menyekolahkan Anaknya di Ma’arif Meningkat

Bantul, Maarifdiy.com–SMP Ma’arif Imogiri kembali raih nilai A untuk akreditas tahun 2017. Nilai A tersebut berhak disandang hingga lima tahun ke depan.

Hal demikian disampaikan Masruhi, S.Ag. ketika dikunjungi Maarifdiy.com Rabu (3/1) lalu. Kepala SMP Ma’arif Imogiri itu mengungkapkan pihaknya sangat bersyukur dengan perolehan tersebut. Menurutnya, instrumen akreditasi tahun 2017 berbeda dengan instrumen lima tahun yang lalu.

“Instrumen tahun 2017 berbeda dengan yang lalu. Tentang guru, misalnya, untuk mendapat nilai A, semua guru harus berstatus sarjana dan di antaranya ada yang pascasarjana. Ini belum dapat kami penuhi,” jelas Masruhi.

Masruhi bersyukur kekurangan itu dapat ditutupi oleh poin-poin yang lain. Dirinya mengaku, nilainya dibantu dari aspek-aspek lain, seperti administrasi dan prestasi guru, administrasi keuangan, persyaratan kepala laboratorium, persyaratan kepala perpustakaan, dan sebagainya.

Dihubungi terpisah, Ketua Panitia Akreditasi sekaligus Wakil Kepala SMP Ma’arif Imogiri, Mulyono, S.Pd., menyampaikan bahwa tidak mudah bagi sekolahnya meraih peringkat A. Perolehan ini merupakan sumbangsih dan kerja keras seluruh tim.

“Proses penilaian akreditas cukup berat. Tanpa adanya kekompakan dari tim, saya rasa sulit mempertahankan nilai A, apalagi melihat fasilitas sekolah yang serba terbatas,” ungkap Mulyono.

Dari pelaksanaan akreditasi, Mulyono menarik pelajaran bahwa sebaiknya persiapan akreditas tidak hanya setahun apalagi hanya beberapa bulan menjelang visitasi asesor. Persiapan akreditasi menurutnya perlu dilakukan setiap saat.

“Jika administrasi sekolah rapi dan selalu didokumentasikan, proses akreditasi menjadi sangat mudah. Kehadiran asesor bukan bertujuan mencari hal-hal baru, melainkan memeriksa dokumen-dokumen yang terkait kegiatan yang telah berjalan. Jadi, kalau semua dokumen itu sudah sesuai dengan standar dan selalu diarsipkan dengan baik, persiapan akreditas sangatlah mudah,” jelas Mulyono.

Dengan perolehan nilai A ini, Mulyono berharap citra SMP Ma’arif Imogiri tetep dan bahkan semakin baik sehingga dapat kembali berkembang. Dengan begitu, Mulyono berharap kepercayaan dan animo masyarakat untuk menyekolahkan siswanya di SMP Ma’arif Imogiri menjadi lebih baik.

“Saat ini, nilai-nilai akademik siswa sudah mulai dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Ditambah dengan peringkat akreditasi A ini, saya berharap minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Ma’arif semakin meningkat. (sab)