Tertibnya Pelaksanaan Manasik Haji di Lingkungan Pontren Pangeran Diponegoro

Senin (4/9) seluruh siswa dari sekolah di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro mengadakan manasik haji. Adapun sekolah yang mengikuti acara ini adalah RA Masyitoh Karangnongko, RA Harapan Bangsa Sembego, MI Maarif Bego, MI Al Huda Karangnongko, SMP Diponegoro Depok, serta SMK Diponegoro Depok.

Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan di lapangan Bedrek Maguwoharjo Depok, dengan peserta sebanyak 564 siswa. Selain para siswa,  guru dan karyawan juga ikut andil dalam mengikuti kegiatan ini.

Diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberi gambaran kepada siswa tentang tata cara berhaji agar muncul niatan berhaji di masa yang akan datang. “Alhamdulilah pelaksanaan manasik haji tahun ini berjalan lancar. Siswa antusias mengikuti setiap rukun haji dengan tertib,” begitu penjelasan dari Siti Fathonah, selaku ketua penyelenggara.

Kegiatan manasik ini diawali dengan berjalan kaki dari kompleks Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro menuju Lapangan Bedrek untuk menjalankan rukun haji.  Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang kemudian setiap kelompok tersebut didampingi oleh guru pendamping guna memberikan arahan kepada siswa.  Mengingat penting dan bagusnya kegiatan ini, semoga saja tahun mendatang lebih banyak peserta yang mengikuti baik dari sekolah di bawah naungan Ponpes. Pangeran Diponegoro maupun sekolah-sekolah lain yang berada di sekitarnya. (Vitriya Mardiyati)