Perayaan 94 Tahun NU, Suharsono: Nahdliyin Miliki Andil Besar Jaga Keragaman dan Ketentraman

Bantul, Maarifdiy.com–Pemerintah Kabupaten Bantul dengan NU harus serasi. Hal tersebut disampaikan Bupati Bantul, Drs. Suharsono, ketika menjadi inspektur Apel Kebangsaan yang digelar dalam rangka perayaan 94 Tahun NU di Kabupaten Bantul, Senin (24/4).

Pada kesempatan itu Suharsono juga menyampaikan bahwa kalangan Nahdliyin memiliki andil yang besar dalam menjaga ketentraman dan keragaman di tanah air.

“Peran NU menjaga keutuhan NKRI sangat besar. NU ikut memelihara keragaman dan kententraman di tanah air,” ujar Suharsono sebagaimana diberitakan Radar Jogja Online.

Selain Suharsono, tampak hadir pada kesmpatan itu Wakil Bupati Bantul, Muspida Bantul, OPD, serta anggota DPRD. Dari kalangan pimpinan NU, tampak hadir Ketua Tanfidiyah PCNU Bantul, Rois Syuriah PCNU Bantul, Ketua PC Ma’arif Bantul, dan lain-lain.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Paseban tersebut juga dihadiri 2700 siswa-siswi sekolah Ma’arif se-Kabupaten Bantul. Para siswa bertemu di titik kumpul Masjid Agung Bantul pada 07.30, selanjutnya melaksanakan pawai dengan rute Masjid Agung – Jalan Jendera Sudirman – Lapangan Paseban Bantul.

Pada kesempatan itu, Rois Syuriah PCNU Bantul, KH Abdul Kholiq Syifa mengungkapkan bahwa warga NU harus selalu mendukung pemerintah dalam menegakkan NKRI.

“(Acara ini) fungsinya kita warga NU untuk tidak neko-neko dalam arti kata tidak intoleran, mendukung pemerintah dalam menegakkan NKRI dan Pancasila. Apalagi sekarang banyak gejala intoleransi. Warga kita, NU, menjunjung tinggi kebinekaan, NKRI dan Pancasila,” ungkap Kyai Kholiq sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Dalam kaitannya dengan kehadiran siswa Ma’arif pada acara tersebut, Pimpinan Ma’arif Bantul berharap sekaligus menjadi ajang gelar potensi dan prestasi sekolah/madrasah. Hal ini bertujuan mengangkat citra postitif lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Ma’arif tersebut.

Berdasarkan pantuan Maarifdiy.com, berbagai ide-ide kreatif dihadirkan para siswa saat berpawai, mulai seragam, atribut, hingga atraksi. Acara berlangsung tertib hingga berakhir pukul 09.45 WIB. (sab)