Pesan-Instruktif Ketua LP Ma’arif NU Pusat

Yogyakarta, maarifdiy.com. Dalam diskusi yang singkat namun bernas, Ketua LP Maarif NU Pusat, Dr. K.H. Arifin Junaidi memberi 4 (empat) pesan yang bersifat instruktif.

Pesan pertama, lambang pengurus LP Ma’arif mengacu pada nama yang benar, yakni LP Ma’arif NU di bawah logo NU. Logo NU yang dimaksud adalah simbol globe yang dilingkari tali tersimpul, dikitari oleh 9 (sembilan) bintang, 5 (lima) bintang terletak melingkari di atas garis katulistiwa, yang terbesar di antaranya terletak di tengah atas, sedang 4 (empat) bintang lainnya terletak melingkar di bawah katulistiwa, dengan tulisan nahdlatul ulama dalam huruf Arab yang melintang dari sebelah kanan bola dunia ke sebelah kiri. Semua terlukis dengan warna putih di atas dasar hijau. Adapun tulisan LP Ma’arif NU berada di bawah logo tersebut. Berikut adalah contoh lambang LP Ma’arif NU yang dimaksud.

SIMBOL MA_ARIF NU YANG BENAR

Gambar: Logo LP Ma’arif NU terbaru, sejak Oktober 2015

Pesan kedua, “Nama atau identitas  pengurus di bawah lambang secara lengkap, mengacu pada nama dan pemaknaan yang benar. LP Ma’arif NU adalah nama, pengurus melekat pada nama, dan wilayah kewenangan ada setelah nama, yakni pusat-wilayah-cabang. Dengan demikian, nama yang benar adalah “Pengurus LP Maarif NU Wilayah DIY atau Pengurus LP Ma’arif NU Cabang Gunung Kidul.” Dengan ini, nama atau identifitas lama seperti Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU DIY diperbaiki karena tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang benar. “Pemenggalan berdasarkan logika kebahasaan yang benar adalah Pengurus    LP Ma’arif NU    Wilayah DIY.  Arti yang dikandung adalah Pengurus X Cabang Y, karena yang diurusi adalah LP maarif bukan wilayah. Oleh karena itulah, sebutan untuk pusat adalah Pengurus LP Maarif NU Pusat bukan Pengurus Pusat LP Maarif NU,” demikian penuturan Ketua LP Ma’arif NU Pusat.

Pesan ketiga, “Adakan rapat pengurus secara rutin. Pengurus LP Ma’arif NU Pusat rapat setiap hari Rabu. Semua pengurus diharapkan meluangkan waktu pada hari dan jam yang telah ditentukan.” Pesan ini mengandung instruksi, yakni agar pengurus LP Maarif NU benar-benar meluangkan waktu khusus untuk mengurus pendidikan maarif secara serius. Rapat rutin menunjukkan keseriusan dan berpengaruh pada keberlanjutan program. Setiap program yang dibuat perlu direalisasikan secara sungguh-sungguh.

Pesan keempat, “Sumbangkanlah keahlian dan pengalaman para kader semua untuk pendidikan Ma’arif.” Pesan ini juga mengandung instruksi bahwa semua kader Ma’arif memiliki tugas untuk membesarkan pendidikan LP Ma’arif NU yang di wilayahnya masing-masing. Adapun pengurus, dapat menggali potensi dari mana pun di bawah LP Ma’arif NU. Para guru, dosen, praktisi, tokoh masyarakat, dan ahli dapat berperan-serta membesarkan pendidikan di lingkungan LP Ma’arif NU melalui pintu koordinasi dengan pengurus. Demikian pean-instruktif dari Ketua LP Ma’arif NU Pusat, Dr. K.H. Z. Arifin Junaidi untuk diindahkan oleh seluruh pengurus LP Maarif NU beserta warganya. (Admin 2)